5 Hal Yang Disukai Sahabat Rasulullah   Leave a comment

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) diantara orang-orang muhajirin dan anshar, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar (At-Taubah; 09 : 100).

Dalam ayat tersebut diatas, Allah SWT memberitahukan bahwa orang-orang yang terdahulu dan yang pertama tama masuk Islam, baik dari orang orang muhajirin maupun orang orang anshar, dan orang orang yang mengikuti mereka dengan baik, telah mendapatkan ridha Allah, dan dinyatakan oleh Allah sebagai orang yang mendapatkan kemenangan yang besar.

Dengan demikian wajarlah kalau kita mempelajari dan mengikuti kebiasaan kebiasaan yang mereka sukai untuk menjadi pelajaran dan contoh, dalam mengamalkan Islam.

Diantara berbagai kebiasan baik dari para sahabat, ada lima hal yang dikemukakan oleh  JASIEM M. BADR AL-MUNTHOWI dalam kitabnya Al-Waqtu ’Amaar Au Damaar, sebagaimana diterjemahkan oleh M. Azhari Hatim dengan judul EFISIENSI WAKTU, KONSEP ISLAM.

  1. 1. Selalu Berjamaah Bersama Orang-orang Shaleh.

Hal ini sangat diperhatikan dan selalu dijaga oleh para sahabat, karena mengingat sabda Rasulullah SAW:

”Barangsiapa yang menginginkan keleluasaan syurga, maka senantiasalah bersama kelompok (jamaah). Karena syaitan itu bersama satu orang, sedangkan ia akan lebih menjauhi dua orang”. (HR Tirmidzi).

Sehubungan dengan pentingnya berjamaah ini, Abdullah Mubarrak r.a. berkata: ”Sesungguhnya jamaah adalah tali Allah. Bagi siapapun yang mendekatinya, maka berpeganglah erat erat padanya”.

  1. 2. Mengikuti Sunnah Rasulullaah SAW

Mengikuti sunnah Rasulullah SAW (ittiba’) adalah perilaku para sahabat dan orang orang saleh. Mereka senantiasa mengisi waktunya dengan amal saleh dan ketaatan mengikuti yang dicontohkan oleh rasulullah SAW.

Hal ini berdasarkan firman Allah dalam Al-Quran:

”Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang orang yang mengharap (rahmat) Allah, dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Al-Ahzab, 33 : 21)

  1. 3. Memakmurkan Masjid

Para sahabat dan orang orang saleh hatinya senantiasa terpaut di masjid.   Karena  ini memang merupakan salah satu indikasi kemimanan yang kuat. Allah SWT berfirman:

”Hanyalah yang memakmurkan masjid masjid Allah ialah orang orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah yang diharapkan termasuk golongan orang orang yang mendapat petunjuk”. (At-Taubah, 09 : 18).

Memakmurkan masjid diantaranya dapat dilakukan melalui kegiatan: shalat berjamaah, i’tikaf, tilawah al-Quran, dan taklim

  1. 4. Tilawah Al-Quran

Al-Quran adalah  alhuda (petunjuk) bagi orang beriman. Para shabat dan orang orang saleh terdahulu senantiasa menyibukkan diri dengan membaca, menghafal, dan memahami maksud kandungannya.

  1. 5. Jihad Fisabilillah

Para sahabat dan orang orang saleh terdahulu berjihad di jalan Allah. Jihad fisabilillah tidaklah hanya diartikan sebagai berperang di jalan Allah, namun juga di medan dakwah.

Itulah lima hal yang sangat disukai oleh para sahabat dan orang orang saleh terdahulu yang kiranya dapat kita jadikan teladan. (SYB).

(Sumber : http://buyanur.com/2010/06/01/lima-hal-yang-disukai-sahabat/)

Posted Juli 6, 2010 by itcpare in BULETIN DAKWAH

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: